Film Dokumenter dan Saracen

Uncategorized

Film Dokumenter dan Saracen

Reproduksi kebencian, cerita-cerita bohong yang membahayakan keharmonisan umat manusia menjadi sangat mudah didistribusikan pada era pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi digital dewasa ini.

Teks, gambar, suara, film, merupakan bentuk komunikasi yang sangat berpengaruh bagi kesadaran umat manusia. Di era teknologi informasi dan komunikasi digital saat ini bentuk konten media tersebut termodifikasi terus menerus ke dalam ruang media penyampai pesan. Spsial media menjadi medium distribusinya, murah, cepat, efisien dan efektif.

Terungkapnya jaringan penebar kebencian yang menggunakan nama Saracen belakangan ini mampu menyita perhatian pemerintah dan masyarakat Indonesia dan memunculkan kekawatiran yang besar. Reproduksi konten kebencian dan kebohongan terhadap haronisasi umat manusia lebih cepat didistribusikan ketimbang perangkat komunikasi negara dan aparaturnya.

Jaringan Saracen berikut segala produknya mampu mengendalikan kesadaran masyarakat yang haus informasi. Dengan pembohongan melalui media informasi dan komunikasi jaringan Saracen dapat mengendalikan opini dan memicu tindakan kontra positif yang menimbulkan ekses buruk pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kekawatiran ini sekaligus membuktikan bahwa terbukanya akses informasi dan komunikasi belum membudidayakan penggunanya untuk melakukan cek dan ricek terhadap kebenaran suatu informasi.

Teknologi digital memicu agresifitas manusia penggunanya untuk mengakses informasi. Dengan terbukanya akses media informasi dan komunikasi melalui gerbang internet saat ini, informasi bisa saja disebarkan tanpa proses pengolahan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Kekawatiran muncul dalam negara. Penggalangan opini-opini yang mengarahkan kepada kebencian terhadap pemerintah melalui provokasi-provokasi negatif yang dilakukan oleh jaringan Saracen pantas mendapatkan ganjaran setimpal dalam ranah hukum Indonesia. Aksi-aksi mereka menghambat laju ekselerasi pembangunan.

Lantas, bagaimana menyikapi persoalan yang telah menggejala di lingkungan kita akibat konsumsi informasinyang negatif? Terkait dengan ekses kontra positif yang diakibatkan oleh reproduksi dan modifikasi informasi-informasi kebohongan seperti yang dilakukan secara profesional oleh jaringan Saracen tersebut?

Selain penindakan tegas melalui jalur hukum yang berlaku di Indonesia, sudah merupakan kebutuhan mendesak bagi negara untuk menciptakan sistem informasi dan komunikasi yang integral dari wilayah paling dasar yaitu masyarakat hingga wilayah paling atas yaitu para pemangku pemerintahan.

 

Perspektif Dokumenter
Film dokumenter memiliki kaidah-kaidah yang baku sebagai tontonan yang berisi fakta. Reproduksi konten berbasis fakta di dalam tradisi film dokumenter mampu menghadirkan realitas kepada penontonnya.

Sayangnya, di Indonesia konsumsi terhadap film dokumenter belum membudaya secara meluas. Sejak reformasi 1998 yang ditandai dengan terbukanya ruang kebebasan media, potensi pegiat film dokumenter mulai tumbuh.

Terhitung sejak era reformasi hingga tahun 2017 ini berbagai potensi film dokumenter berkembang di tataran masyarakat, digiatkan oleh masyarakat, dan dirayakan oleh masyarakat.

Negara belum sepenuhnya hadir untuk merevitalisasi potensi kekayaan konten di Indonesia ke dalam pemberdayaan film dokumenter untuk selaras mendukung pembangunan.

Film dokumenter dapat masuk ke dalam segala pembahasan. Tema kebudayaan untuk memperkuat semangat nasionalisme kebangsaan, tema ekonomi, sosial politik, tema kesehatan, pendidikan, kesenian, pertanian, kelautan, kedirgantaraan, teknologi, estetika dan sains, semua konten tersebut dapat direproduksi ke dalam film dokumenter sehingga menjadi konten yang menguatkan pondasi berbangsa dan bernegara.

Negara dapat membangun fasilitas produksi, distribusi, dan eksibisi film dokumenter dari wilayah bottom to up dan dengan teknologi saat ini memungkinkan konten-konten yang diproduksi dari wilayah bottom tersebut dapat menjadi ruang interaksi aktif antara pemerintah dan masyarakat dan sebaliknya.

Secara terus menerus dapat dikelola dan terus diperbaiki sehingga melahirkan formulasi yang efektif dan efisien dalam distribusi pengetahuan positif selaras arah pembangunan yang dapat membawa dampak baik bagi negara dan masyarakat.

Dengan adanya komunikasi yang terjembatani melalui media komunikasi dan informasi berwujud film dokumenter, negara tidak perlu kawatir menghadapi ekses buruk dari produk-produk seperti yang direproduksi oleh Jaringan Saracen. Film dokumenter dapat memacu tradisi kritis masyarakat.
****

Catatan ini masih berupa sketsa gagasan. Secara detil dapat didiskusikan untuk merumuskan sistem media film dokumenter untuk mendukung pembangunan nasional.

Jakarta, 72 tahun Proklamasi 17 Agustus 1945
Daniel Rudi Haryanto
Penggagas Indonesian Documentary Engine (IDE)
Mesin Dokumenter Indonesia (MDI)

https://www.youtube.com/channel/UCp8vXt1HsJ-AHL-OvqZJrDw

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s